5 tips menjaga kesehatan jantung


Gaya hidup yang tidak sehat tanpa disadari telah membuat tubuh kita melemah. Organ tubuh yang seharusnya bekerja normal bisa jadi bekerja terlalu keras atau bahkan tidak bekerja sama sekali. Salah satu bagian tubuh yang paling rentan terpengaruh dari gaya hidup yang tidak sehat adalah jantung.
Jantung memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh kita. Jantung memompa darah ke seluruh tubuh tanpa henti. Meski ukurannya hanya sebesar kepalan tangan, jantung memiliki sistem kerja yang kompleks. Tapi, banyak hal yang bisa membuat jantung tidak bekerja normal atau bahkan berhenti bekerja. Jika sudah begitu, tentu tidak akan bisa beraktivitas seperti biasa. Jika jantung sudah berhenti bekerja, tentu saja hasilnya adalah kematian.
Yang harus kita lakukan adalah menjaga pola hidup sehat agar jantung juga tetap sehat. Untuk itu, 5 hal berikut ini bisa kita lakukan agar jantung tetap sehat, seperti dilansir nataliussen.com.
Olahraga
Untuk menjaga agar jantung tetap sehat, olahraga adalah cara termudah. Tidak harus di pusat kebugaran, olahraga yang dibutuhkan jantung adalah olahraga yang murah meriah, bahkan gratis. Berlari, berenang, dan bersepeda bisa meningkatkan aktivitas kerja jantung sehingga menjaga jantung tetap bekerja normal. Dalam seminggu, cukup melakukan olahraga selama 75 menit sampai 150 menit. Lakukan selama 2-3 kali seminggu dengan durasi yang singkat, misal 30 menit sampai 1 jam. Atau lebih baik lagi selama 20 menit setiap hari.

Cukup tidur
Waktu tidur ternyata juga berpengaruh bagi kesehatan jantung. Kurang tidur dapat menyebabkan penumpukan mineral kalsium dalam darah dan hal ini bisa menyebabkan stroke. Tidur malam yang berkualitas sangat penting untuk mencegah terjadinya pengapuran dalam pembuluh darah. Tapi, tidur terlalu lama juga bisa meningkatkan risiko serangan jantung. Jadi, yang paling penting adalah tidur yang cukup, yaitu selama 7 jam untuk orang dewasa.

Jangan merokok
Seperti peringatan yang tercantum di setiap iklan rokok dan di bungkusnya, merokok dapat menyebabkan serangan jantung. Rokok memiliki ratusan zat kimia yang berbahaya dan dapat menyebar melalui darah. Zat kimia ini dapat merusak sel darah dan menyebabkan peradangan sehingga meningkatkan risiko serangan jantung. Dengan berhenti merokok, risiko serangan jantung berkurang 50%.

Jaga berat badan
Obesitas meningkatkan serangan jantung. Dengan selalu mengonsumsi makana sehat, bisa menjaga berat badan tetap ideal dan terhindar dari risiko serangan jantung. Berat badan berlebih dapat membuat jantung bekerja lebih keras. Jantung yang bekerja normal bisa didapat jika Anda memiliki berat badan ideal. Selain mengonsumsi makanan sehat, juga harus mencukupi kebutuhan serat dan vitamin dalam tubuh. Kebutuhan serat bisa terpenuhi dengan memakan sayuran atau dengan mengonsumsi suplemen kaya serat.

Cek kesehatan
Terakhir, tetap laukkan cek kesehatan rutin minimal 2 tahun sekali. Jika ada yang salah dengan tubuh, bisa segera melakukan tindakan pencegahan atau bahkan penyembuhan. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan jantung yang sehat.

0 Response to "5 tips menjaga kesehatan jantung"

Posting Komentar