Timun Suri, ini 10 manfaatnya bagi kesehatan


Banyak orang yang ingin makan timun suri pada saat berbuka puasa karena buah ini dipercaya bisa membuat badan menjadi lebih segar dan tidak lemah. Ketika berpuasa maka tubuh biasanya menjadi lebih mudah lemah karena ada metabolisme yang berbeda dengan biasanya. Tapi ternyata timun suri memiliki manfaat yang sangat besar.
Mengutip manfaat.co, berikut ini adalah beberapa manfaat buah timun suri untuk tubuh.
1. Melancarkan pencernaan
Buah timun suri memiliki daging buah yang kaya dengan serat larut. Ini adalah jenis serat yang dibutuhkan oleh usus untuk melancarkan pencernaan. Serat dari timun suri juga bisa mencegah beberapa jenis penyakit pencernaan seperti sembelit dan kanker usus. Jadi mengkonsumsi timun suri sebenarnya sangat dianjurkan kapan saja dan tidak hanya pada bulan puasa saja.
2. Menurunkan berat badan dan diet
Jika Anda ingin menurunkan berat badan dan diet maka bisa menggunakan timun suri. Timun suri yang banyak mengandung serat sangat baik untuk pencernaan dan menimbulkan efek mengenyangkan yang lebih lama. Bahkan serat juga bisa mendorong proses metabolisme dalam tubuh menjadi lebih baik. Jika Anda ingin menggunakan timun suri untuk diet maka hindari menggunakan bahan campuran gula dan pemanis buatan, cukup dengan timun suri yang dicampur dengan sirup atau air kelapa muda.
3. Menjaga kesehatan
Setelah Anda mengkonsumsi buah timun suri maka badan Anda menjadi lebih segar dan sehat. Hal ini terjadi karena timun suri banyak mengandung vitamin A dan vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, mencegah infeksi karena bakteri, virus dan kuman, menjaga kesehatan mata, membuat badan menjadi lebih segar serta menjadi sumber antioksidan yang bisa mencegah berbagai serangan radikal bebas yang buruk untuk tubuh.
4. Mengendalikan kadar gula
Biasanya penderita diabetes merasa sangat khawatir karena tidak bisa mengkonsumsi buah manis. Namun ternyata buah timun suri sangat baik untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Hal ini terjadi karena buah timun suri mengandung zat gula yang terdiri dari fruktosa dan glukosa. Sumber gula ini didapatkan secara alami sehingga tidak akan menambah kadar gula dan bisa menjadi sumber energi untuk tubuh. Tentu saja penderita diabetes harus mengkonsumsi timun suri tanpa tambahan gula dan sirup yang manis.
5. Menurunkan resiko kanker
Timun suri sangat baik untuk kesehatan karena mengandung sebuah senyawa yang bisa menurunkan resiko penyakit kanker yaitu saponin. Saponin menjadi sumber antioksida alami yang bisa menyerang semua radikal bebas dalam tubuh. Tubuh kita mendapatkan radikal bebas dari berbagai macam seperti makanan, minuman dan lingkungan luar. Konsumsi timun suri paling tidak empat kali dalam seminggu bisa menurunkan resiko kanker seperti kanker usus, kanker payudara dan kanker hati.
6. Menurunkan kolesterol
Kolesterol memang menjadi musuh utama tubuh terutama jenis kolesterol yang berasal dari asam lemak jenuh. Kolesterol bisa membuat penumpukan plak dalam dinding arteri, memicu penyakit jantung, stroke dan menyebabkan beberapa masalah kesehatan serius dan jangka panjang. Mengkonsumsi timun suri bisa menurunkan kolesterol paling tidak sekitar 32 persen dari jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Orang yang mengalami obesitas bisa menjalani diet dengan timun suri.
7. Mendukung proses detoksifikasi
Tanpa kita sadari tubuh kita mengandung banyak racun. Racun yang berasal dari makanan, minuman maupun lingkungan luar dampaknya memang tidak akan terasa dalam waktu yang cepat. Namun dampak buruknya adalah ketika racun mulai menumpuk pada organ seperti ginjal, jantung, hati dan pembuluh darah maka bisa menjadi bahaya yang serius. Kandungan air dan serat yang cukup tinggi dalam timun suri ternyata juga sangat bermanfaat untuk membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Semua racun dalam tubuh akan keluar lewat sisa makanan baik dari urin maupun feces.
8. Menurunkan resiko penyakit jantung
Dalam sebuah penelitian ternyata terungkap bahwa timun suri mengandung sebuah senyawa yang bisa menurunkan resiko penyakit jantung yaitu asam linoleat. Asam linoleat akan bekerja untuk tubuh dengan cara menjadi antioksidan yang bisa menyerang radikal bebas. Zat ini akan melindungi tubuh dari racun dan memelihara kesehatan jantung dengan cara menggunakan lemak sebagai sumber energi dan menghalangi pembentukan lemak yang tidak terpakai oleh tubuh.
9. Regenerasi sel tubuh
Tubuh kita terdiri dari jutaan sel hidup yang memiliki peran yang sangat penting. Sel tubuh akan mengangkut sumber energi untuk organ tubuh, darah dan juga oksigen. Pekerjaan sel tubuh sangat berat dan mereka juga memiliki batasan umur hidup. Regenerasi sel tubuh diperlukan untuk menggantikan sel tubuh yang mati dan membuat penciptaan sel tubuh yang sehat menjadi lebih baik. Timun suri yang banyak mengandung vitamin C sangat penting dalam proses ini dan bisa melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit.
10. Membuat kulit sehat dan lembut
Kandungan vitamin C dalam timun suri juga sangat penting untuk menjaga kesegaran dan penampilan kulit. Vitamin C dalam timun suri juga mendorong produksi kolagen yaitu protein yang dibentuk dalam tubuh untuk mempertahankan kelembutan dan elastisitas kulit. Jadi jika Anda ingin tampil cantik dan memiliki kulit yang lembut maka jangan lupa untuk makan buah timun suri.
Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut maka Anda harus mengkonsumsi timun suri dengan benar. Selalu pilih timun suri yang benar-benar masih segar dengan tanda permukaan kulit yang lembut, tidak keriput dan tidak ada bekas pecah. Setelah itu kurangi beberapa pemanis seperti sirup dan gula saat makan timun suri. Dengan cara ini maka Anda bisa mendapatkan manfaat sehat dari makan timun suri.
Sudah tau kan manfaatnya, bantuin Share ya...iya kamu...

0 Response to "Timun Suri, ini 10 manfaatnya bagi kesehatan"

Posting Komentar