10 Tips Untuk Sukses dari Richard Branson


Seorang Milyarder asal Inggir, Richard Branson sukses membuktikan bahwa dirinya adalah orang yang bukan hanya sekedar sukses secara finansial tapi juga sukses menjadi orang yang paling berpengaruh di dunia. Melalui banyak perusahaan yang ia dirikan, ia kini membagikan banyak inspirasi bagi semua orang di dunia. Dan berikut ini adalah 23 tips sukses dari Richard Branson:

1. Jangan lakukan hal yang tidak membuat diri kamu “Enjoy”

Menjalankan sebuah bisnis membutuhkan kerja keras, keringat dan bahkan air mata. Tetapi pada akhirnya kita harus membangun sesuatu yang membanggakan untuk orang lain dan termasuk diri sendiri. Branson mengatakan, ketika ia mulai mendirikan bisnis di daerah London Barat, ia tidak memiliki rencana besar atau strategi yang mewah. Ia mengaku tidak pernah berfikir ingin membangun sebuah kerajaan bisnis. Baginya membangun bisnis adalah semua hal yang dilakukan agar bisa menciptakan kebanggaan bagi orang lain. Ia membawa orang – orang berbakat dan menciptakan sesuatu yang bisa membuat perbedaan nyata bagi kedupan orang lain. Dari sini kita bisa mengambil ilmu, bahwa untuk sukses kita harus bisa nyaman mengerjakan apa yang ingin kita hasilkan.

2. Pilih nama merek bisnis dengan bijaksana, jangan asal

Nama yang unik memang akan mudah diingat dan dicari, tapi bukan berarti nama tersebut tidak memiliki arti. Sebuah nama bagi bisnis harus benilai dan bermakna. Karena dari nama seseorang mampu mengenal dan mengingat bisnis kamu dengan mudah. Nama bisnis harus memiliki filosofi dan kalau memang perlu harus sesuai dengan saran dari masing – masing pencetus ide.

3. Lebih banyak mendengar dan kurangi untuk berbicara

Untuk bisa menjadi orang sukses, Branson menyarankan kita agar lebih banyak mendengar apa yang orang lain katakan. Daripada memaksa mereka mendengar apa yang kita ucapkan. Orang seperti Branson saja tidak pernah pergi tanpa membawa catatan, tujuannya jelas untuk menuliskan apa yang orang lain katakan dan juga agar lebih mudah mengingatnya. Ini senjata rahasia bisnisnya, karena disaat – saat seperti itulah ide bisnis baru juga bisa muncul.

4. Kamu tidak bisa menjalankan bisnis tanpa 1 resiko yang kamu ambil

Branson paling suka tentang kalimatnya ketika ia menasehati orang lain, “Keberanian itu tidak hidup selamanya, tapi kita patut berhati – hati untuk tidak hidup sama sekali!”. Setiap bisnis harus melibatkan resiko dalam prosesnya. Kita mungkin atau pasti gagal, tapi Branson juga menunjukkan bahwa “Tidak ada hal yang gagal total”.

5. Kesan pertama itu segalanya, begitu juga dengan yang kedua

Kesan pertama yang kita buat kepada pelanggan mungkin ketika kita bertemu atau mendapatkan mereka pertama kali. Kesan pertama memang sangat penting, begitu juga kata Branson, tapi yang kedua juga sama pentingnya. Kesan kedua terhadap pelanggan bisa kita tunjukkan dengan menghubungi atau mengkontaknya. Bukan hanya pada saat melayani kedatangan mereka pertama kali. Tapi terus menghubungi dan menjalin komunikasi dengan mereka. Itu jauh lebih penting daripada hanya sekedar menyapa tanpa memberi perhatian selanjutnya.

6. Tidak ada yang sempurna, karena kesempurnaan itu tidak bisa dicapai

Menurut Richard Branson, ketika seseorang sudah merasa sampai pada tujuan dan kesempurnaan, mereka akn cenderung untuk duduk dan mengambil waktu lebih lama untuk istirahat. Sementara banyak orang yang berusaha mati – matian untuk memperbaiki pekerjaan mereka. Itu sebabnya, Branson tidak pernah memberi orang 100% review sempurna dari pekerjaan mereka. Ia percaya bahwa tidak peduli seberapa banyak orang itu menghasilkan yang terbaik, akan selalu ada ruang untuk memperbaikinya.

7. Kamu tidak bisa mengerhakan semuanya sendiri

Setiap pengusaha harus bisa menguasai seni bagaimana bisa mendelegasikan pekerjaan mereka. Tidak mungkin untuk melakukan semuanya sendiri, dan tidak mungkin untuk menghasilkan yang terbaik untuk semuanya. Itu sebabnya Branson menyarankan kita untuk menyewa orang – orang yang ahli di bagian kosong yang kamu miliki. Mendelegasikan juga memberi kita waktu untuk menghabiskan waktu dengan keluarga dan hal – hal penting lainnya.

8. Sebagian besar waktu yang kita miliki membenarkan setiap apa yang dikatakan pelanggan

Pelanggan selalu benar, kecuali mereka salah. pendapat pelanggan adalah yang terpenting, tetapi kita tidak harus membangun sistem layanan pelanggan pada premis bahwa organisasi kita tidak pernah mempertanyakan keinginan pelanggan. Kita harus berhati – hati dalam upaya menjaga hubungan dengan pelanggan atau staf dengan kebijakan dalam layanan pelanggan Anda.

9. Jelajahi tempat yang belum ditemukan

Ingin sukses memang harus berani mengambil tantangan, termasuk mencari dan masuk ke tempat atau lingkungan baru. Disaat kita menjelajahi tempat baru, kita akan menemukan hal – hal baru yang ingin kita dapatkana atau kita capai. Menjelajahi tempat baru juga memicu kita mendapatkan ide – ide baru dan berinovasi lebih baik.

10. Kita membuat keberuntungan kita sendiri

Menurut Branson, keberuntungan itu sesuat yang dapat mengubah kita dan dimanipulasi dengan hanya tidak takut untuk gagal. Orang – orang yang umumnya dianggap beruntung daripada yang lainnya biasanya juga adalah orang yang siap untuk mengambil resiko terbesar untuk sering gagal dan bangkit.

0 Response to "10 Tips Untuk Sukses dari Richard Branson"

Posting Komentar