Aneh! Festival Adat Ini Hanya Ada di India

India di kenal sebagai negara dengan adat tradisi dan budaya yang kental. Negara mantan jajahan Inggris ini sangat menjunjung tinggi nilai budaya yang tercermin dari kebiasaan mereka sehari-hari. Hampir setiap aspek kehidupan masyarakat India diatur dengan baik oleh adat istiadat. tak heran film-film India sangat konsisten menampilkan kekayaan budaya mereka yang memang sudah sangat melekat dengan kehidupan sehari-hari.

Bicara adat tradisional, setiap negara tentu memiliki perayaan adat dengan keunikannya masing-masing. Di antara sekian banyak tradisi dan upacara adat di dunia, India rupanya memiliki banyak upacara dan festival adat yang membuat warga asing terheran-heran. Rata-rata festival tersebut memiliki kaitan terhadap nilai keagamaan namun uniknya disajikan dengan cara yang tak biasa, mulai dari berbau mistik, hingga terkesan nyeleneh.

Dikutip dari Listverse, berikut adalah 6 festival adat aneh yang hanya ada di India. Mari kita simak bersama.

Festival makan bersama tikus


Mungkin sebagian besar dari kita tidak menyukai hewan pengerat ini. Selain berpotensi menyebabkan penyakit, tikus kerap kali bersifat merusak dan merugikan manusia. Namun di India, tikus menjadi salah satu hewan yang dihormati. Sebuah kuil bernama Karni Mata di kota Rajashtan India, menjadi tempat tinggal bagi sekitar 20 ribu ekor tikus. Menurut legenda, tikus-tikus tersebut adalah pelayan dari Dewi Durga yang tak rela kehilangan anak lelakinya yang meninggal dunia. Uniknya, saat festival Karni Mata berlangsung, seseorang dipercaya akan beruntung jika berani memakan makanan bekas gigitan tikus di kuil tersebut. Anda berani mencobanya?

Festival 'menggantung' diri dengan kail tajam


Di India, ada sebuah festival adat bernama Garudan Thookkam Kerala. Festival ini akan menghadirkan sekelompok orang yang bergelantungan di sebuah palang kayu dan diarak keliling kota. Namun jika dilihat lebih dekat, dijamin Anda akan bergidik ngeri. Orang-orang tersebut bergelantungan menggunakan sebuah 'kail' yang tertancap pada punggung mereka. Festival ini melambangkan hewan mitologi bernama Garuda yang diyakini sebagai tunggangan Dewa Wisnu yang dikirim pada dewi Kali untuk dinikmati darahnya. Namun, karena dianggap berbahaya, saat ini di beberapa daerah masyarakat tidak lagi menancapkan kail langsung kepada badan, namun menggantungkannya pada pakaian menggunakan tali.

Festival perang api


Festival bernama Agni Keli Mangalore ini rutin diadakan di India dan hanya melibatkan para pria dewasa saja. Diadakan di kuil Kateel Durga Parameshwari, para peserta akan saling melempar bola api yang tentunya sangat berbahaya. Festival ini merupakan persembahan khusus untuk Dewi Durga, dan untungnya hanya dilaksanakan selama 15 menit saja. Mengerikan sekali bukan?

Festival abu warna


Pemandangan ini mungkin akan mengingatkan Anda pada acara 'color run' yang kini sedang tren di masyarakat. Tahukah Anda, jauh sebelum tren ini mencuat, masyarakat India telah melakukan hal yang mirip sebagai festival adat. Festival Lath Mar Holi Barsana ini akan diikuti oleh pria dan wanita sambil membawa tongkat dan berbaur dalam keramaian bertabur abu warna warni. Seperti festival sebelumnya, festival ini rutin digelar berdasarkan mitologi dewa dewi di India.

Festival kecantikan unta


Tak hanya di jazirah Arab, unta juga banyak dijadikan hewan peliharan oleh masyarakat India. Sebuah festival tahunan bernama Festival Pushkar bahkan diadakan khusus untuk hewan padang pasir ini.Para unta akan didandani dengan pakaian dan aksesoris serta dilombakan selayaknya wanita di kontes kecantikan. Para unta juga akan menyajikan pertunjukan tak biasa seperti pertunjukan musik yang mengundang kekaguman dan gelak tawa dari para penonton dan turis yang datang ke India.

Festival tarian kesurupan


Sebuah festival bernama Theyyam Kerala rutin diadakan di India. Fesival ini adalah persembahan untuk para dewa dan simbol terima kasih kepada bumi. Para penari akan menari dengan menggunakan kostum yang unik dan sekujur badan diwarnai merah. Uniknya, para penari ini menari dalam keadaan kesurupan sehingga kesan mistis sangat kental dalam festival ini. Satu lagi hal tak biasa dari festival ini adalah penggunaan mahkota dari bambu yang tingginya bisa mencapai 18 meter.

0 Response to " Aneh! Festival Adat Ini Hanya Ada di India"

Posting Komentar