Cara Mudah Menghilangkan Gatal-Gatal pada Selangkangan

Cara Mudah Menghilangkan Gatal pada SelangkanganTinea Crucis adalah infeksi jamur yang terjadi pada selangkangan. Terkadang kita pernah mengalami rasa gatal pada bagian selangkangan. gatal pada selangkangan ini dapat dialami oleh pria maupun wanita. Akan tetapi, pada umumnya yang paling sering banyak mengalami hal ini adalah pria.



Penyebab Gatal pada Selangkangan

Banyak penyebab timbulnya rasa gatal diselangkangan atau lipatan bagian dalam paha. Salah satu faktor utama yang menjadi penyebab gatal pada selangkangan yaitu dari dalam diri kita sendiri. Rasa gatal pada selangkangan dapat menyerang karena kondisi fisik atau bagian tubuh yang kurang terjaga dari kebersihan. Adanya pertumbuhan jamur pada kulit. Terlebih lagi apabila selangkangan jarang sekali terkena oleh sinar matahari secara langsung sehingga pada bagian selangkangan dan sekitarnya menjadi lembab yang dapat menimbulkan jamur sangat mudah tumbuh pada kulit tersebut. Apabila jamur mudah untuk berkembang biak dengan cepat maka anda akan sangat merasa tersiksa oleh rasa gatal yang timbul dari penyakit ini.

Selain karena jamur, bisa juga disebabkan karena alergi makanan yang dikonsumsi, pada umumnya seperti telur, udang, ikan laut seperti ikan tongkol dan lain-lain. Orang-orang yang sering mengalami gatal pada selangkangan (Infeksi Jamur)
  • Gemuk
  • Mudah berkeringat
  • Diabetes
  • Menggunakan pakian ketat
  • Menggunakan pakaian secara bergantian dengan orang lain.

Cara Menghilangkan Gatal pada Selangkangan 

  • Lebih rajinlah untuk membersihkan bagian selangkangan setiap hari dan keringkan sebelum memakai pakaian dalam.
  • Jangan menggunakan handuk atau pakaian secara bergantian dengan orang lainGanti pakaian dalam setiap harinya. 
  • Jangan sering menggunakan pakaian yang teralu ketat.Rajin mandi menggunakan sabun Antiseptic.
  • Periksa apakah ada infeksi jamur atau kutu air dari kaki. Hal tersebut perlu diperhatikan karena berisiko penyebaran jamur ke bagian selangkangan.

Bagaimana Mengobati Gatal Pada Selangkangan?

Dalam kebanyakan kasus, gatal di selangkangan dapat diobati secara mandiri dari rumah. Berikut ini beberapa tips cara mengobati gatal pada selangkangan secara alami:

Gunakan obat OTC (Over The Counter) yang bisa anda beli dengan bebas di apotik. Bentuknya bermacam-macam seperti krim, bubuk atau semprotan.
Gunakan krim anti gatal seperti hidrokortison (steroid cream)
Cuci daerah yang terkena dengan sabun dan air hangat
Keringkan daerah yang terkena secara menyeluruh setelah mandi dan olahraga
Ganti pakaian setiap hari
Pakailah pakaian katun yang longgar
Perlakukan apapun infeksi jamur pada kulit seperti Jock Itch
Bagaimana Mencegah Gatal Pada Kelamin dan Selangkangan

Pada wanita, lakukan langkah-langkah berikut untuk menghindari terjadinya gatal pada vagina:

Bersihkan area sekitar vagina dari depan ke belakang secara sempurna untuk mencegah bakteri dari anus masuk ke vagina.
Hindari produk kimia seperti douche vagina atau semprotan wanita, yang dapat mengganggu keseimbangan asam vagina.
Hindari produk wanita dengan aroma tajam (panty liner, bantalan, sabun).
Sementara itu, untuk mencegah gatal pada penis adalah sebagai berikut:

Cuci penis dengan baik, termasuk daerah di bawah kulup pada pria yang tidak disunat.
Menjaga agar area sekitar penis tetap kering, karena kelembaban di area genital dapat menyebabkan infeksi.
Jika anda telah berusaha mengobati gatal di selangkangan secara mandiri tapi gejala tidak juga membaik setelah dua minggu perawatan maka Anda perlu ke dokter sebab bisa jadi anda telah mengembangkan infeksi sekunder yang perlu pengobatan yang tepat.

Bagi yang sedang mengalami rasa gatal pada selangkangan jangan khawatir karena setelah anda membaca artikel ini anda dapat melakukan beberapa cara mudah untuk menghilangkan gatal pada selangkangan.

Menggunakan Daun Sirih 
Selain untuk membersihkan daerah kewanitaan, daun sirih juga mempunya manfaat untuk menghilangkan gatal pada selangkangan. Ambilah 10 lembar daun sirih yang telah dicuci bersih, gunakan 5 lembar untuk digosok-gosokkan ke bagian yang gatal, dan 5 lembar sisanya direbus selama 2 sampai 5 menit. Cara penggunaannya cukup mudah, setiap 1 lembar daun sirih digunakan untuk 1 kali gosokan pada daerah yang gatal lalu buang daun sirih daun sirih yang telah dipakai kemudian ganti daun sirih yang baru dan begitu seterusnya. Setelah itu, cucilah bagian selangkangan anda dengan menggunakan air rebusan daun risih tersebut. Hal ini dilakukan agar rasa gatal diselangkangan benar-benar merasa hilang secara perlahan.

Menggunakan Asam Gelugur dan Asam Kendis
Asam gelugur dan asam gendis mempunyai manfaat untuk mengatasi pertumbuhan jamur pada selangkangan anda. Cara mengkonsumsinya adalah, ambilah asam gelugur atau asam kendis yang masih cokelat secukupnya. Rebuslah campuran air dengan asam tersebut hingga 5 sampai 10 menit. setelah itu balurkan ramuan tersebut pada selangkangan. Lakukan pengobatan tradisional ini secara rutin 2 sampai 3 kali setiap harinya. 

Menggunakan Daun Kecubung dan Minyak Kelapa 
Bahan yang dibutuhkan adalah 25 gram daun kecubung dan minyak kelapa secukupnya. Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk daun kecubung sampai halus lalu tambahkan minyak kelapa secukupnya. Setelah itu, ramuan tersebut dipanaskan hingga 2 sampai 5 menit. Ketika masih hangat, oleskan ramuan tersebut pada selangkangan. lakukan secara rutin 2 sampai 3 kali setiap harinya. 

Menggunakan Bayam Duri 
Cara penggunaannya, ambilah 5 sampai 10 lembar daun bayam duri yang telah dicuci bersih lalu potong menjadi beberapa bagian. Rendamlah bayam tersebut dengan menggunakan air bersih. kemudian rebus bayam hingga 10 sampai 15 menit dan tambahkan sedikit garam lalu aduk hingga merata. Gunakan air rebusan ketika masih hangat untuk mengompres bagian selangkangan. 

Menggunakan Lengkuas, Bawang Putih dan Cuka 
Beberapa bahan yang digunakan yaitu lengkuas, bawang putih dan cuka secukupnya. Cara penggunaannya adalah cucilah lengkuas dan bawang putih hingga bersih, lalu giling sampai halus dan tambahkan cuka. Setelah bahan-bahan tersebut tercampur seperti lulur, oleskan secara merata pada selangkangan

Demikianlah beberapa cara mudah menghilangkan rasa gatal pada selangkangan, sebelum anda menggunakan dan mengkonsumsi obat-obatan kimia, cobalah untuk memanfaatkan bahan tradisional untuk mengatasi pertumbuhan jamur dan menghilangkan rasa gatal pada selangkangan.

0 Response to "Cara Mudah Menghilangkan Gatal-Gatal pada Selangkangan"

Posting Komentar