Manfaat dan Resiko Mandi di Malam Hari


Setelah seharian beraktivitas di luar rumah tentu menyebabkan tubuh kita berkeringat dan kotor. Terkadang banyak dari kita yang sampai di rumah saat matahari sudah terbenam. Jadi, mau tidak mau mandi di malam hari pun menjadi hal yang biasa.
Mandi setelah berakitivas memang baik untuk kesehatan, bahkan banyak dokter yang menyarankan mandi dua kali sehari agar tubuh lebih segar dan terhindar dari penyakit kulit.  Tapi jika dilakukan pada malam hari apa tidak berbahaya bagi kesehatan? Pada umumnya di Indonesia banyak yang berpendapat bahwa mandi di malam hari dapat menimbulkan banyak penyakit, seperti rematik, paru-paru basah, dan sebagainya.
Ternyata hal itu hanya mitos yang beredar di masyarakat.  Para penderita rematik memang tidak disarankan untuk mandi di malam hari , bukan berarti dapat menyebabkan penyakit rematik ya. Begitu pula dengan paru-paru basah bukan disebabkan karena sering mandi di malam hari melainkan oleh infeksi virus dan bekteri yang berasal dari udara.
Namun, terlepas dari mitos-mitos yang beredar di masyarakat, mandi di malam hari memang mempunyai beberapa dampak buruk, seperti yang dilansir pada halosehat sebagai berikut.
1. Terganggunya Metabolisme Tubuh
Metabolisme tubuh akan terganggu karena ketika malam hari suhu tubuh cenderung sudah mulai melemah dan membutuhkan istirahat. Jika kita mandi dan pori-pori terbuka, maka air akan masuk ke tubuh dan menyebabkan gangguan hormone tubuh.
2. Menyebabkan Masuk Angin dan Demam
Terkait pori-pori tubuh dan panas tubuh mulai meningkat di malam hari, sebaiknya kita menghindari mandi malam. Hal ini disebabkan jika tubuh “panas” kita disiram air dingin pada malam hari, maka pori-pori yang sedang terbuka akan membuat badan panas dan dingin seperti demam.
Sebenarnya mandi di malam hari disarankan menggunakan air hangat karena bisa membuat tubuh lebih rileks.
Selain dampak buruk dari mandi di malam hari, ternyata masih banyak manfaatnya loh. Berikut ini beberapa manfaat dari mandi malam yang dikutip dari beberapa sumber.
1.Menyegarkan dan Menenangkan
Selain membuat badan lebih segar, mandi di malam hari adalah salah satu cara untuk merileksasikan tubuh setelah seharian beraktivitas. Melonggarkan otot-otot tegang dan melepaskan sejenak kepenatan.
2. Menurunkan Tekanan Darah
Mandi malam juga dapat menurunkan tekanan darah, tekanan darah yang sempat meninggi sesaat bisa menurun karena kita sudah rileks. Energi akan kembali dan tubuh kembali santai.
3. Memulihkan ketegangan Otot
Setelah seharian beraktivitas, otot-otot tubuh bisa tegang dan kaku. Mandi di malam hari, terutama dengan air hangat bisa mengendurkan otot yang kaku. Tubuh pun akan terasa lebih ringan, dan pegal-pegal di tubuh hilang.
Faktanya mandi di malam hari bisa menghindarkan kita dari penyakit kulit, seperti gatal-gatal akibat jamur dan kuman. Tentunya kita idak mau terkena penyakit kulit tersebut, kan? Pergunakan air hangat untuk membersihkan tubuh, selain bisa terhindar dari dampak buruk, tubuh kita akan semakin maksimal merasakan manfaat dari mandi malam.
(ummi-online)

0 Response to "Manfaat dan Resiko Mandi di Malam Hari"

Posting Komentar