Tips Agar Tikus tidak Bersarang di dalam Rumah

Sulit sekali mencegah tikus tinggal di rumah Anda, begitu pula dengan mengusirnya pergi. Tikus adalah salah satu hewan pengerat yang kehadirannya paling tak disukai. Walaupun kecil, kehadiran tikus di rumah tentu akan membuat Anda merasa tak nyaman. Selain menimbulkan penyakit, tikus juga sering merusak perabotan dan mencuri makanan. 

Tak perlu memasang perangkap yang merepotkan untuk mencegah tikus masuk atau mengusir tikus dari rumah. Penggunaan racun tikus sebenarnya juga tak dianjurkan karena dapat membuat tikus mati di tempat tersembunyi, yang justru dapat memicu penyebaran penyakit. 



Seperti halnya hewan lain, tikus yang gesit rupanya juga memiliki kelemahan. Ada beberapa benda yang tak disukai atau ditakuti tikus, yang dapat Anda gunakan untuk membasmi tikus dari rumah. Diamin tikus akan kapok dan tak berani lagi masuk ke rumah Anda. Mari simak informasinya berikut ini.

Sebarkan kulit durian



Memiliki rasa dan aroma yang khas, rupanya durian adalah buah yang palig dibenci oleh tikus. Jika Anda penikmat durian yang sedang dipusingkan oleh tamu berekor yang tak diundang ini, Anda dapat mengusirnya dengan kulit buah durian. Potong-potong durian seukuran kotak korek api, dan sebarkan di setiap sudut rumah, ataupun tempat yang menjadi jalan lalu lintas tikus. Dijamin tikus akan menjauh dan pergi dari rumah Anda. Namun, hati-hati jangan sampai kulit durian terinjak ya :)

Pelihara kucing



Bukan rahasia lagi bahwa tikus sangat takut terhadap kucing. Secara alami, kucing adalah pemangsa tikus. Memelihara kucing bisa jadi pilihan yang ampuh untuk mengusir tikus dari rumah. Jangankan berhadapan langsung, mendengar suara kucing saja tikus sudah pasti ketakutan. Namun, sebaiknya pilih kucing kampung atau kucing domestik dibandingkan kucing anggora atau persia. Kucing domestik lebih lincah dan gesit dalam menangkap tikus, berbeda dengan kucing ras lainnya yang cenderung pemalas dan tak suka berburu.

Semprotan daun mint
Daun yang beraroma segar dan menenangkan ini rupanya sangat dibenci oleh tikus. Pertama-tama, Anda harus mengetahui jalan lalu lintas tikus berikut sarangnya. Rendam daun mint dengan air ke dalam botol semprotan hingga tercium aromanya, lalu semprotkan ke area tersebut. Dijamin tikus akan segera 'minggat' dari rumah.

Semprotan buah mengkudu



Seperti halnya durian dan mint, buah mengkudu juga termasuk daftar yang tak disukai tikus. Agar hasilnya lebih baik, Anda dapat membuat jus buah mengkudu dan menyaringnya. Masukkan air saringan tadi dan semprotkan ke tempat yang sering dilalui tikus. 


Pelihara jangkrik



Tikus sangat menbenci suara-suara berisik, oleh karena itu memelihara jangkrik di rumah juga sangat ampuh karena suaranya yang nyaring. Biasanya jangkrik akan mengeluarkan suara pada malam hari hingga menjelang subuh, yang sangat cocok dengan 'jam kerja' tikus saat mencari makan di dalam rumah. Namun, bagi Anda yang kurang menyukai suara berisik cara ini bisa jadi tak hanya mengganggu kawanan tikus, tapi juga membuat Anda kurang nyaman.


Mewarnai salah satu tikus

Cara ini mungkin terdengar menjijikkan dan sedikit repot. Jika Anda cukup berani, tangkaplah salah satu tikus. Warnai tubuhnya dengan warna mencolok seperti merah, biru atau kuning. Setelah kering, lepaskan kembali tikus tersebut. Dijamin, kawanan tikus akan takut dan bercerai-berai meninggalkan rumah Anda serta tak berani kembali lagi.

0 Response to "Tips Agar Tikus tidak Bersarang di dalam Rumah"

Posting Komentar